Disable Preloader

Memasuki awal tahun 2018, Islamic Medical Service (IMS) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali menggelar khitanan masal dan pengobatan gratis untuk muallaf pedalaman Mentawai.

Kegiatan yang dibingkai dengan tema "Maulid Nabi bersama Muallaf Pedalaman" ini berlangsung pada Kamis hingga Jum'at, (04-05/01/2017) di klinik Islamic Center Syaikh Shaleh Abdul Aziz Al-Rajhi, Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai.

Uthar Rahmat, salah satu relawan IMS sekaligus penanggungjawab agenda tersebut, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program unggulan IMS yang dikhususkan bagi muallaf di pedalaman Indonesia.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan untuk muallaf pedalaman di Indonesia. Selain menyadarkan akan kesehatan dan kebersihan, kami berharap hal ini bisa membantu menyempurnakan keislaman mereka," terang Rahmat.

Ia juga menuturkan bahwa selain di Pulau Siberut, mereka juga telah menggelar acara serupa sepekan lalu di Pulau Sipora yang masih masuk dalam Kepulauan Mentawai.

"Pekan lalu juga tim IMS yang lain menggelar sunatan masal dan pengobatan gratis di pedalaman Mahakam Ulu, Kalimantan Timur," lanjutnya.

Pada kesempatan kali iniĀ  peserta sunatan masal diikuti oleh 80-an peserta, mulai dari umur 4 tahun sampai yang tertua 35 tahun dan rata-rata mereka dari keluarga muallaf.

Petrus, umur 35 tahun, sebagai peserta khitanan tertua berterimakasih kepada IMS dan Baznas karena memberikan ia kesempatan untuk menjalankan salah satu ajaran agamannya.

"Terimakasih banyak, semoga ini (khitanan) bisa memotivasi ajaran (Islam) yang lain," ujar pria yang baru yakin dengan Islam 3 bulan lalu itu.

Kegiatan yang dibantukan 5 tim medis dari Padang dan petugas setempat itu sukses digelar meskipun sempat hujan deras.*/Sirajuddin Muslim

Share:

Tags:

Comments
Leave a Comment