Disable Preloader

Lembaga pelayanan kesehatan Islamic Medical Service (IMS) bekerja sama dengan Persaudaraan Dai Indonesia (Pos Dai) memberikan layanan kesehatan gratis kepada 100-an mualaf warga Suku Wana yang berada di Dusun Fatu Marando, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (25/11/2017) lalu.

Kholik selaku Kepala Emergency IMS, yang juga hadir dalam acara itu mengatakan, kepedulian terhadap kesehatan Muslim pedalaman khususnya para mualaf menjadi latar belakang pelaksanaan kegiatan ini.

Layanan ini disambut baik oleh masyarakat setempat. Layanan ini meliputi pemeriksaan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat yang berada di dusun tersebut. Tak terkecuali bagi non-Muslim juga mendapatkan layanan tersebut.

Selain pemeriksaan kesehatan, layanan sunat/khitan gratis juga diberikan kepada para mualaf di dusun Fatu Marando.

“Apalagi mereka adalah para mualaf, ini yang memberikan kebahagiaan tersendiri bagi saya,” ujar salah satu masyarakat dusun Fatu Marando.

Kholik juga mengaku prihatin saat melihat kondisi kesehatan para balita setempat yang mengalami gizi buruk dan cacingan. Keseharian mereka dalam bertahan hidup menurutnya jauh dari kata sehat dan layak.

“Ini akibat kurangnya edukasi kesehatan kepada mereka,” sambung Kepala Emergency IMS ini.

Dokter senior IMS, Syaifuddin, juga terlibat langsung dalam kegiatan itu.

Sulitnya medan dan umurnya yang sudah usia lanjut, tidak menghalangi dirinya dirinya untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat suku Wana.

Ia mengaku banyak menemukan keluhan penyakit warga setempat. Di antaranya anemia, myalgia, ISPA, cacingan, dan gizi buruk pada balita.

Kholik mengatakan, kegiatan ini bisa terlaksana atas dukungan semua kalangan. Oleh karenanya, ia mewakili IMS mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam terselenggaranya kegiatan mulia ini.*

Share:

Tags:

Comments
Leave a Comment