Disable Preloader

Di penghujung ramadhan tahun ini,  disaat sebagian masyarkat sibuk mempersiapkan mudik bahkan  sedang dalam perjalanan mudik, disaat sebagian yang lain sibuk mempersiapkan diri menyambut hari kemenangan. Saudara kita yang berada di Jl. Golf 2 Simprug Kebayaroan Lama Jakarta Selatan mendapatkan musibah kebakaran, para warga RT 09 dan RT 10 hampir rata dengan tanah.

Sebanyak 285 keluarga menjadi korban dalam kebakaran di Jalan Simprug Golf II, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Rumah mereka habis dilalap api sejak Minggu (3/7/2016) dini hari. Adapun rumah yang terbakar merupakan kawasan padat penduduk dengan sebagian besar rumah masih berbentuk semi-permanen. Di RT 10 RW 08, 125 rumah hangus, sedangkan di RT 09 ada 160 rumah yang terbakar. Akibat kebakaran ini, sekitar 615 jiwa dari RT 10 harus mengungsi. Sedangkan di RT 9, 250 jiwa yang harus mengungsi. Kebakaran ini menghanguskan perumahan warga di tanah sekitar 3.000 meter persegi tersebut.

Banyak dari elemen masyarakat DKI turun ke lokasi bencana untuk membantu meringankan derita para korban bencana. Makanan siap saji, makanan ringan, air mineral, pakaian layak pakai dan kebutuhan masyarakat yang lain cepat tiba di lokasi bencana. Respon organisasi, laznas, lembaga kemanusian dan pemerintah DKI sangat cepat untuk membantu warga yang kesusahan.

Begitupun dengan IMS-LAZ BSM, melalui Program BSM SIAGA selama 2 hari pasca bencana kebakaran tersebut telah menurunkan team medis ke lokasi bencana. Aksi pertama pada hari senin 4 Juli 2016  menurunkan 1 dokter, 1 perawat & 1 apoteker. Bertempat di masjid As Sa’adah layanan medis untuk warga korban kebakaran Simprug dilakukan. Sebanyak kurang lebih 50 warga mendapatkan pemeriksaan & pengobatan dengan baik. Pada hari pertama ini kegiatan dimulai pada pukul 09.00 wib dan berakhir pada pukul 13.00 wib. Kemudian aksi hari ke-2 pada selasa 5 juli 2016 dilanjutkan di Posko utama yang berlokasi di  RT 09. Setelah sebagian besar warga memilih baju layak pakai yang diterima oleh pihak posko, mereka yang mengeluh ada masalah kesehatannya satu persatu datang berobat. Layanan kesehatan untuk warga ini dimulai pada pukul 09.30 wib dan berakhir pada pukul 14.00 wib. Sebanyak 62 warga terlayani dengan baik keluhan kesehatannya. Keluhan sebagian besar warga yang datang berobat adalah ISPA, batuk, demam, gatal-gatal, hypertensi dan luka akibat benda tajam.

Bapak Puji (55 th) menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas perhatian yang diberikan. “makanan, pakaian kami dapatkan dan alhamdulillah hari ini kami bisa berobat tanpa harus pergi jauh”. Komentar Puji, dia & anggota keluarga selamat, rumah beserta isinya ludes terbakar, tinggal baju di badan saja yang terselamatkan

Layanan kesehatan untuk warga korban kebakaran di Simprug ini dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama antara IMS dan LAZ BSM.

Share:

Tags:

Comments
Leave a Comment