Disable Preloader

IMS - (Jakarta, 25/02/2017) Setelah beberapa hari banjir di sebagian pemukiman di Jakarta mulai berangsur surut, wargapun yang sebelumnya mengungsi di posko-posko yang disedikan oleh pemerintah maupun swasta sudah mulai pulang ke rumah masing. Mereka mulai membersihkan rumah dan lingkungan sekitar, memberishkan dari sisa banjir yang masih menumpuk diantaranya didominasi oleh sampah dan lumpur. Masih nampak beberap posko berdiri di wilayah Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta timur, diantar posko-posko itu nampak pula posko kesehatan yang didirkan oleh IMS & Laznas BMH.

Beranggotakan dokter, perawata, apoteker dan relawan non medis Tim Medis IMS tiba di lokasi pada pukul 09:00 wib dengan membawa mobil serta obat-obatan dan peralatan bayi serta perlengkapan lainnya yang diterima langsung oleh ibu Wati selaku ibu RW.03 kelurahan Cipinang Melayu Jakarta Timur, untuk di berikan kepada warga yang menjadi korban banjir.  Acara recovery yang ini disambut positif oleh warga pemukiman di RW.03 tersebut. Terbukti bahwa pada saat baru di buka posko recovery tersebut warga sudah mulai mengantri untuk berobat dan berkonsultasi ke dokter, bahkan ada yang pulang kerumah untuk menjemput anak dan keluarganya untuk berobat ke posko recovery yang di adakan oleh IMS yang bekerja sama dengan BMH dan SAR hidayatullah ini.

Acara yang berlangsung selama 4 jam tersebut berjalan secara tertib dan teratur. Meskipun cuaca sedikit panas tetapi warga tetap sabar mengantri untuk mendapat layanan kesehatan dari Islamic Medical Service. Adapun keluhan-keluhan yang dirasakan warga rata-rata yaitu Ispa, Dermatitis, Rematik, dll. Kondisi warga pada saat itu masih sibuk bersih-bersih rumah dan halaman yang masih banyak lumpur akibat banjir.

Menurut Ahmad Cholik (30 tahun) selaku kepala bidang Emergency IMS, tujuan diselenggarakan Recovery ini adalah untuk menanggulangi penyakit yang diderita Para korban bencana banjir dan sekaligus silaturahmi antara IMS dan mitra terhadap masyarakat kelurahan cipinang melayu RT.009 RW.03.

“ini merupakan bentuk perhatian IMS kepada masyarakat yang berdampak langsung dengan musibah banjir yang terjadi, alhamdulillah selama beberapa aksi IMS di lokasi kita disambut dengan baik oleh warga korban banjir. Tak lupa kami ucapkan terima kasih ke Laznas BMH selaku pendukung kegiatan selama banjir dan pasca banjir, semoga kerja sama yang baik ini bisa terus terlin dengan baik”. Komentar Ahmad Kholik

Sementara itu menurut dokter Iqbal selaku kepala tim medis, mengiformasikan : “ warga yang berobat rata-rata menderita penyakit Ispa, Dermatitis, dan Rematik karena dampak banjir yang melanda pemukiman mereka serta lingkungan yang kotor yang menyebabkan banyak anak-anak yang terganggu kesehatannya”.

Ibu Wati (ibu RW.03) : “alhamdulillah dan terimakasih sekali, acara yang begitu mulia ini yang di selenggarakan oleh IMS sangat kami rasakan manfaatnya dan sangat membantu warga-warga kami khususnya RW.03 ini serta bantuan yang di berikan ini sangat lah membantu kami disini yang memang sangat membutuhkan perlengkapan dan peralatan serta obat-obatan. Tak banyak yang bisa kami beri kecuali ucapan terimakasih sebanyak2nya kepada IMS dan tim lainnya yang sudah peduli kepada kami warga RW.03 ini. Harapan saya selaku ibu RW.03 kedepan yah semoga bencana ini tidak lagi terulang. Dan untuk IMS yah semoga aksi tanggap bencana seperti ini terus di lakukan karna posko-posko yang seperti ini yang paling di cari waktu terjadi bencana”

Pada recovery kali ini tidak hanya layanan kesehatan berupa pengobatan gratis saja yang diterima oleh warga korban banjir, namun bantuan yang lain diantara perlengkapan kebersihan, sembako dan perlengapan bayi berupa pakaian dan makanan bayi.

Share:

Tags:

Comments
Leave a Comment