Disable Preloader

Gempa yang terjadi pada awal bulan Desember 2016 kemaren masih menyisakan duka yang mendalam bagi seluruh masyarakat Pidie Jaya Aceh. Meskipun masyarakat Pidie sudah melakukan aktivitas rutin, namun trauma masih menyelimuti sebagian besar warga Pidie. Karena sesekali masih terjadi gempa susulan yang skalanya kecil.

Pasar sudah nampak mulai ramai, anak-anak sudah mulai sekolah, para orang tua juga sudah mulai kembali bekerja. Ada juga yang sudah mulai membangun kembali rumah-rumah mereka yang hancur. Sebagian besar warga masih tinggal di tenda-tenda yang mereka dirikan disamping rumah mereka yang rata dengan tanah.

Pada kesempatan kali ini, setelah sebelumnya telah dua kali mengirimkan team medis ke Pidie. Setelah gempa berlalu, IMS selaku lembaga kemanusiaan khusus dibidang kesehatan kembali menurunkan teamnya untuk turut melakukan recovery pasca gempa. Program recovery yang dijalankan IMS adalah layanan kesehatan, penjegahan kekacingan, dan penyaluran bantuan.

Selama kurang lebih selama 4 minggu berada di lokasi bencana, IMS mendatangi beberapa lokasi yang berbeda. Diantaranya : Desa Dee, Desa Deah Teumanah, Desa Pulo U, Dusun Rhieng, Desa Tampul dan Tampui. Bertempat di tenda-tenda yang menjadi posko, balai desa dan rumah warga yang masih utuh IMS memberikan layanan kesehatan kepada warga yang telah berkumpul. Rata-rata mereka konsultasi tentang penyakit yang dirasakan, mengontrolkan luka-luka yang dijahit, memeriksakan kondisi kesehatan dan keluhan-keluhan yang beragam lainnya.

Selain itu, team medis IMS berkesempatan langsung memberikan edukasi dan pemeriksaan khusus untuk pencegahan kecacingan di Paud. Dimana anak-anak masih melanjutkan kegiatan belajarnya di bawah tenda. Tidak berhenti disitu, IMS juga terus memberikan penjegahan kekacacingan terhadap anak-anak disetiap desa-desa yang disambangi dalam layanan kesehatan yang dilakukan.

“Ucapan banyak terima kasih dari masyarakat kami untuk team medis dari jakarta yang sudi memberikan layanan kesehatan gratis setelah gempa” urai Pai kepala Desa Kampung Dee Kab. Pidie Jaya.

Tidak hanya layanan kesehatan, pada kedatangan kali ini IMS juga menyalurkan bantuan dari para mitra dan donatur IMS yang telah mengamanahkan dananya. Salah satunya adalah bantuan untuk pembangunan rumah tahfidz di Pidie.

Aksi peduli bencana dalam rangka recovery gempa Pidie, dimulai dari hari kamis 12 Januari 2017 dan berkahir pada hari minggu 15 Januari 2017. Selama kurang lebih 4 hari IMS telah memberikan layanan kesehatan terhadap 573 pasien yang menjadi korban gempa. Selain akan turut membantu mendukung kegiatan-kegiatan yang lain untuk warga korban Gempa, IMS juga akan berencan melakukan khitanan massal untuk anak-anak Pidie. Semoga kegiatan ini dapat terwujud dan terlaksana dengan baik.

Share:

Tags:

Comments
Leave a Comment