Disable Preloader

Satu persatu warga di wilayah RW 04 kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta timur berdatangan ke kantor RW. Warga yang sebagian besar para ibu-ibu ini berbondong-bondong ke kantor RW untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mereka. Namun banyak juga diantara mereka yang datang dalam kondisi kurang sehat atau  sedang sakit sehingga membutuhkan penanganan atau tindakan medis. Di wilayah ini pada bulan februari 2017 hampir seluruh warga RW 04 terendam banjir selama seminggu lebih.

Warga cukup senang dengan diadakannya pengobatan gratis ini, apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan suci ramadhan. Kesehatan yang prima tentunya merupakan salah satu persiapan diri yang wajibd dilakukan. Dengan adanya baksos ini, keluhan-keluhan kesehatan yang ada bisa segera diatasi dengan baik.

Bapak Purwanto (52 th) selaku ketua RW menyampaikan terima kasihnya atas perhatian dan kepedulian yang diberikan kepada warganya. “alhamdulillah kami sangat bersyukur dengan kegiatan ini, warga bisa berobat secara gratis tanpa harus pergi jauh ke dokter ataupun klinik. Kedatang tim medis beserta obat-obatannya sangat membantu sekali”, katanya

Lain halnya dengan ibu komariah ( 46 th ) salah satu pasien yang berobat : “alhamdulillah saya dapat memeriksakan kesehatan saya terutama bisa mengetahui berapa kolesterol dan asam urat, tidak hanya itu penyakit kulit akibat banjir kemaren bisa mendapatkan obat dengan Cuma-Cuma”,

Tim Medis yang dikomandoi oleh dokter Andrian ini melakukan pemeriksaan dan melayani keluhan pasien semenjak pukul 08.30 wib dan selesai pada pukul 12.30. wib. Adapun penyakit yang banyak ditemukan diwarga adalah, gatal-gatal, flu, reumatik, demam, hypertensi dan  pegal-pegal. Untuk jumlah warga atau pasien yang terlayani sebanyak 155 orang.

Selain di daerah Cipinang Melayu yang merupakan korban banjir, IMS juga menurunkan tim medis ke beberapa lokasi yang lainnya. Tim yang dipimpin oleh dr. Syaifudin memberikan layanan kesehatan kepada warga korban banjir bandang magelang  pada hari rabu 24 mei 2017 dan keesokan harinya kamis 25 mei 2017 bergeser ke Purworejo. Alhamdulillah selama kurang lebih 2 hari di Jawa Tengah, IMS telah melayani masyarakat yang terkena musibah bencana sebanyak 307 orang.

Ahmad Kholik selaku Kepala bidang emergency menyampaikan bahwa layanan kesehatan gratis tahun ini diberikan kepada masyarakat korban bencana dalam rangka menyambut ramadhan. Kholik berharap semoga semua warga korban bencana dapat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1438 H dengan baik.

Perlu diktetahui, beberapa waktu yang lalu di beberapa wilayah nusantara terjadi bencana, diantaranya banjir di DKI, gempa bumi di Aceh, Tanah longsor di Ponorogo  & Purworejo, banjir bandang di Bima & magelang serta hingga saat ini gunung sinabung di Karo Sumatra Utara masih terus erupsi.  Sebagai  bentuk kepudilian IMS terhadap warga yang tertima musibah bencana dan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, kembali IMS menurunkan timnya ke beberapa lokasi bencana tersebut.

Kegiatan sehat sambut ramadhan untuk warga korban bencana nusantara ini berjalan dengan baik, lancar dan sukses berkat dukungan dari berbagai pihak. Diantaranya LAZ BSM, LAZ ANNUR, ZIS INDOSAT, JT KLINIK dan LAZNAS BMH.

Share:

Tags:

Comments
Leave a Comment